Thursday, November 25, 2010

Tugas Softskill (Daftar Pustaka, Kutipan, dan Catatan Kaki)

Nama     : Rizky Eka Prasetya
Kelas      : 3KA10
NPM      : 11108730
Dosen     : TRI WAHYU RETNO NINGSIH, SS


Daftar Pustaka
Daftar pustaka (bibliografi) merupakan sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikelartikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya, yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan. Melalui daftar pustaka yang disertakan pada akhir tulisan, para pembaca dapat melihat kembali pada sumber aslinya. Pencantuman sebuah buku dalam daftar pustaka pada sebuah karya tulis ilmiah erat kaitannya dengan pengutipan buku. Buku yang kita kutip informasinya haruslah kita cantumkan dalam daftar pustaka.

Kutipan 
Kutipan merupakan pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang pengarang, atau ucapan orang-orang yang terkenal. Walaupun kutipan atas pendapat seorang itu dibolehkan bukan berarti bahwa sebuah tulisan seluruhnya berupa kutipan-kutipan. Penulis karya tulis ilmiah harus dapat menahan diri untuk tidak terlalu banyak mempergunakan kutipan, agar orisinalitas tulisannya terjaga. Garis besar kerangka karangan, serta kesimpulan-kesimpulan yang dibuat merupakan pendapat penulis
sendiri. Kutipan-kutipan hanya berfungsi sebagai bukti untuk menunjang pendapatnya itu.

Catatan kaki
Catatan kaki atau footnotes sering terdapat dalam karangan‐karangan ilmiah sebagai
pertanggungjawaban penulisnya kalau mengutip pendapat orang lain dalam buku atau dalam
tulisan yang dimuat dalam majalah atau surat kabar, atau menunjukkan sumber lain, misalnya
berdasarkan wawancara, percapakan, dan lain‐lain. Cara menunjukkan catatan itu dahulu
biasa dengan memberi tanda pada tempat yang bersangkutan dengan angka Arab atau tanda
lain. Kemudian, keterangan tentang hal yang diberi tanda itu ditaruh pada kaki halaman
dengan memberi tanda yang sama. Kalau dengan angka, setiap angka pada catatan kaki
merujuk kepada angka pada tempat yang bersangkutan umumnya pada halaman yang sama,
walaupun ada juga yang melanjutkan angka‐angka itu untuk setiap bab, bahkan untuk seluruh
buku. Keterangan catatan kaki biasanya diset dengan korps huruf yang lebih kecil. Orang yang
suka menulis catatan kaki berpanjang‐panjang niscaya menimbulkan masalah pada
penyusunan layout buku yang bersangkutan.

1 comment:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete