Wednesday, February 17, 2010

Security Banking

TUGAS 
 TEORI ORGANISAI UMUM
Rizky Eka Prasetya (11108730 )
2KA10
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2010


Sebagaimana teknologi lainnya, selain memiliki kelebihan berupa kemudahan
dan manfaat luas yang meningkatkan kualitas kehidupan manusia, maka layanan
perbankan elektronik juga memiliki banyak kelemahan yang patut diwaspadai
dan diantisipasi. Sehingga, teknologi tersebut tetap dapat dipakai,


manfaatnya terus dinikmati oleh umat manusia namun juga harus ada tanggung
jawab, pengawasan dan upaya untuk memperbaiki kelemahan, menanggulangi
permasalahan yang mungkin timbul serta yang paling penting adalah
meningkatkan kesadaran dan menanamkan pemahaman tentang resiko dari
pemanfaatan teknologi yang digunakan oleh layanan perbankan itu terutama
kepada masyarakat luas, pengguna/nasabah, pemerintah/regulator, aparat
penegak hukum dan penyelenggara layanan itu sendiri (bank, merchant,
operator layanan pihak ketiga dlsb.). Karena masalah keamanan adalah
tanggung jawab bersama, semua pihak harus turut serta berperan aktif dalam
upaya pengamanan.



Kerjasama semua pihak yang terkait pemanfaatan teknologi ini sangat
diperlukan.Semua pihak pasti memiliki titik kerawanan
dan karenanya masing-masing memiliki potensi resiko yang mungkin dapat
dieksploitasi oleh pihak lain yang berniat tidak baik. Maka apabila terjadi
insiden terkait kerawanan itu, seluruh komponen yang saling terkait harus
turut bertanggung jawab untuk menanggulangi dan meningkatkan upaya
meminimalisir resiko serta mencegah kejadian serupa di masa depan.

Misalnya, bank tidak mungkin melakukan pengamanan apabila nasabah tidak
memiliki pemahaman mengenai kemungkinan resiko kerawanan dan kelemahan pada
sistem elektronik yang digunakan. Sebaliknya, nasabah yang telah
berhati-hati sekalipun akan dapat menjadi korban apabila bank lalai atau
gagal di dalam pengawasan dan upaya peningkatan pengamanan sistem secara
terus-menerus. Demikian juga apabila aturan dari pemerintah lemah dan
penegak hukum tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk terus mengikuti
perkembangan sistem dan teknologi maka ketika terjadi insiden akan sulit
untuk melakukan penindakan terhadap semua pihak yang seharusnya bertanggung
jawab.

Sehingga semuanya saling terkait, tidak berdiri sendiri. Pihak yang berniat
jahat akan selalu memilih celah kerawanan yang paling lemah sebagai pintu
masuk. Sehingga semua pihak turut bertanggung jawab dan harus saling
membantu (bekerjasama) untuk mengawasi, memperbaiki dan menutup celah
tersebut tanpa saling menyalahkan karena justru akan berakibat melemahkan
peran dan potensi setiap pihak dalam upaya pengamanan bersama. Setiap pihak
adalah satu simpul rangkaian rantai pengamanan dan semua saling bergantung
satu sama lain, karenanya semua sama pentingnya.

1 comment:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete