Sunday, November 15, 2009

Pencari duplicate files di Windows

1. Fast Duplicate File Finder
Harddisk (HDD) saat ini memang semakin murah saja, dengan kapasitas yang tidak hanya Ratusan Giga Byte, tetapi sudah mencapai Tera Byte ( 1000 GB). Meskipun demikian kita kadang sering (lupa) menyimpan data-data yang sebenarnya sudah ada (sama), sehingga banyak space Hardisk yang tersia-siakan.


Cara mudah mengetahui file-file yang sama di hardisk adalah dengan menggunakan software pencari file duplikat.


Berikut 6 program/software gratis yang mempunyai fungsi mencari file-file yang sama di hardisk, selanjutnya bisa di hapus dan memastikan tidak ada file yang sama tersimpan dua kali atau lebih. Sehingga penggunaan space hardisk lebih efisien.

Peringatan… jangan menyertakan file sistem windows, Program files, My Documents termasuk drive C: dalam pencarian, untuk menghindari terhapusnya file sistem


Fast Duplicate File Finder tidak memberikan fitur pencarian dengan ekstensi tertentu, tetapi melalui hasil yang ditampilkan, bisa dihindari pemilihan file-file tertentu.




2. Duplicate Cleaner

Dengan program ini, kita bisa mencari file yang sama berdasarkan konten, nama, ukuran atau tanggal. Selain itu disediakan berbagai fitur lainnya seperti :

- File filter (mencari untuk ekstensi file tertentu saja)
- Image Preview
- Selection Assistant, untuk mempermudah (kustomisasi) memilih file-file dari hasil yang ditemukan.
- Music Search, untu mencari fila audio ( MP3, WMA, OGG, APE, FLAC) berdasarkan kriteria seperti Title, Album atau Artist.



Untuk melindungi file-file penting, di bagian Options ada menu untuk memproteksi file di directory Windows, Program Files dan file EXE/DLL. Dibanding program sebelumnya, Duplicate Cleaner mempunyai ukuran installasi yang paling besar, sekitar 1.8 MB, tetapi kemampuan scan relatif cepat.

Ukuran : 1.8 MB
Sistem : Win 98/Me/XP/2000/Vista

No comments:

Post a Comment